Pada Tanggal 26-27 April 2021 telah dilaksanakan kegiatan pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana melalui Latihan gabungan relawan penanggulangan bencana dengan tema penanganan bencana Karhutla yang dilaksanakan oleh BPBD Provinsi Jawa Tengah secara webinar atau daring. Anggota peserta Latihan gabungan Karhutla terdiri dari BPBD se Solo raya yaitu BPBD Boyolali, BPBD Klaten, BPBD Surakarta, BPBD Sukoharjo, BPBD Karanganyar, BPBD Sragen dan BPBD Wonogiri.

Kegiatan pada hari pertama, Senin 26 April 2021, yaitu pemaparan materi secara panel. Materi pertama dari Kepala Dinas Arsip & Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dengan tema Peran para pemangku kepentingan dalam penanggulangan bencana di Jawa Tengah. Kemudian Materi yang kedua dari kepala BMKG Provinsi Jawa Tengah dengan tema Sistem Peringatan Dini dalam Penanggulangan Bencana Karhutla, dan materi yang ketiga dari Kapala Pelaksana BPBD Kabupaten Karanganyar dengan tema sinergi relawan se Solo Raya dalam penanganan bencana Karhutla. Selanjutnya kegiatan Pelatihan dan Praktek dengan instruktur dari PMI Jateng yaitu pelatihan pertolongan penyelamatan korban karhutla dan praktek, kemudian disusul dengan berdiskusi.

Kegiatan pada hari kedua, Selasa 27 April 2021 dilanjutkan dengan menampilkan praktek penugasan peserta pelatihan melalui video yang berdurasi sekitar 15 menit. Relawan Kabupaten Wonogiri menampilkan video mengenai simulasi pertolongan pada korban kebakaran, dengan kasus pertama apabila korban hanya seorang diri atau tidak ada penolong maka di praktekkan dengan cara berguling, sedangkan apabila ada penolong langkah pertama yang dilakukan yaitu menutup korban dengan selimut untuk memadamkan api, selanjutnya untuk cek fisik dengan cara memiringkan badan korban untuk memeriksa nadi dan pernafasannya, apabila ditemukan luka bakar cukup lepaskan semua pakaian korban dan diganti dengan menggunaan selimut. Apabila pada korban ditemukan luka bakar cukup diguyur dengan air dan gunakan kain bersih atau perban untuk menutup lukanya. Relawan Kabupaten Wonogiri melaksanakan kegiatan latihan gabungan kebakaran hutan dan lahan dengan antusias. Selamat berjuang demi panggilan kemanusiaan, menuju ketangguhan bangsa, menghadapi bencana.