Rabu 17 Maret 2021, mulai jam 09.00 WIB di Balai Desa Brenggolo Kecamatan Jatiroto Kabupaten Wonogiri dilaksanakan pelatihan pertolongan pertama bagi relawan desa tangguh bencana dibimbing oleh BPBD Kabupaten Wonogiri dan PMI Wonogiri yg diikuti oleh 25 orang relawan.
Pelatihan dilaksanakan dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa Kabupaten Wonogiri yang pada tahun ini dilaksanakan di Desa Brenggolo Kecamatan Jatiroto.
Desa Brenggolo merupakan desa tangguh bencana (Destana) dengan kerawanan bencana tanah longsor. Destana dibentuk tahun 2019 dengan menggunakan dana desa.
Pada hari ini dilakukan peningkatan kapasitas relawan destana yaitu pelatihan pertolongan pertama. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali relawan dengan ketrampilan pertolongan pertama, memberikan pertolongan pada korban pada kesempatan pertama tanpa menimbulkan cedera dan kesakitan lebih buruk lagi.
Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan. Mereka praktek langsung bagaimana menolong orang pingsan, menolong orang patah tulang. Mereka juga belajar cara membidai luka, mengangkat korban sampai merujuk ke rumah sakit.
Diharapkan peserta mendapatkan tambahan pengetahuan dan ketrampilan dari pelatihan ini. Ke depannya masih banyak yang perlu dipelajari dan dilatih untuk bekal ketrampilan sebagai relawan desa tangguh bencana.